Senin, 11 Mei 2020

“Pelatihan Cisco Webex”


Cisco Webex merupakan alat komunikasi Video Conference berbasis interface web yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan menggunakan perangkat personal dan mobile seperti Smartphone, PC, Laptop, Notebook, dan PC tablet selama masih ada jangkauan jaringan internet.
Hari ini Senin, 11 Mei 2020 bertemu lagi di kegiatan Belajar Menulis Online bersama Om Jay dengan pemateri Bapak Eka Septian Singgih, moderator Ibu Kartika Paramita. Materi yang dibawakan adalah pelatihan Cisco Webex. Kegiatan ini langsung menggunakan media Cisco webex, yang dirasa cukup produktif, efesien dengan mengirimkan undangan melalui email ke peserta pelatihan untuk bergabung melakukan meeting.
Webex saat ini menjadi media yang sangat populer dan banyak digunakan orang-orang untuk melakukan rapat rutin (meeting), seminar, dan pelatihan secara online. Media ini ramai digunakan saat pendemi Covid-19 mewabah. Hal ini digunakan untuk mencegah penyebaran covid-19 sesuai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yakni physical distancing.
Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan webex, antara lain:

1.   Pastikan peserta sudah memiliki koneksi internet pada perangkat yang akan digunakan untuk mengakses situs webex
2.   Webex dapat diakses melalui perangkat laptop, PC, maupun smartphone yang mendukung untuk menjalankan browser
3.   Pastikan peserta sudah menginstal browser pada perangkat chrome



“Cara Menggunakan Aplikasi Video Conference Cisco Webex di Laptop dan PC”
Pada saat melakukan video conference, admin menggunakan 2 cara untuk mengundang para peserta, cara yang pertama yaitu dengan memberikan Number Meeting + Password dan cara yang kedua yaitu dengan cara mengirimkan Link room webex.
  1. Cara bergabung menggunakan number meeting
a.       Buka Aplikasi Web browser Google Crome
b.      Ketikan alamat webex pada web browser (www.webex.com)
c.       Pilih Join 
d.      Masukan Number Meeting yang diberikan oleh admin 
e.       Masuk Area Video Conference
f.       Area Video Conference
  1. Bergabung dengan menggunakan link room webex
a.       Buka Web Browser
b.      Copy-Paste link room webex pada web browser
c.       Masukan nama dan email

d.      Masuk Area Video Conference
e.       Mengaktifkan Audio video conference (Klik Quick Start -->Connect to Audio)
f.       Pengaturan level Speaker dan Microphone
Fungsi Speaker adalah untuk mendengarkan output suara dari narasumber dan peserta lain. Sedangkan fungsi Microphone adalah untuk input suara sehingga dapat didengar peserta lain. Apabila menu “Mute” dicentang [˅] = TIDAK AKTIF, sedangkan menu “Mute” tidak dicentang [ ]= AKTIF 
g.      Cara Cek Fungsi Speaker dan Microphone (Klik Audio ==> Computer Audio Setting)
Cara cek speaker berfungsi atau tidaknya yaitu dengan cara klik “Test” apakah suara keluar atau tidak. Sedangkan cara cek Microphone berfungsi atau tidaknya yaitu dengan cara kita inputkan suara sehingga ada indikator lampu yang menyala pada tampilan Microphone.
h.      Cara Aktifkan Kamera (Klik ikon kamera)
i.        Cara aktifkan Microphone untuk input suara saat video conference (Klik ikon microphone untuk mengaktifkan microphone). Apabila indikator microphone   (merah) maka microphone dalam kondisi tidak aktif atau sedang “Mute”, untuk mengaktifkannya klik ikon microphone tersebut. Ketika video conference berlangsung, dan Pemateri atau Host mengintruksikan untuk Silent/Mute Microphone maka klik ikon microphone tersebut hingga indikator merah (tidak aktif), dan untuk bertanya maka harus diaktifkan kembali microphone tersebut hingga indikator tidak merah (aktif). 
j.        Cara Chatting dengan Host atau peserta lain (Klik chat untuk memanfaatkan fitur Chatting      ketik pesan  → send)
k.      Melihat participant/Peserta yang bergabung Video Conference (Klik participant untuk melihat peserta yang bergabung)
l.        Share tampilan aplikasi atau tampilan halaman di laptop sendiri. (Klik ‘More” share application → Pilih tampilan aplikasi yang akan bagikan untuk dilihat ke peserta video conference)
m.    Share tampilan aplikasi atau tampilan halaman di laptop sendiri (Klik Share ==> Application==>Pilih aplikasi yang akan di tampilkan).
Fungsi Share application adalah untuk membagikan tampilan halaman aplikasi yang ada dilaptop/PC kepada peserta yang bergabung saat video conference. Untuk mengakhiri share application klik tombol Stop Sharring       

“Cara Menggunakan Aplikasi Penggunaan Video Conference menggunakan HP Android”

  1. Pastikan HP terkoneksi dengan Internet
  2. Buka Aplikasi Play Store di HP 
  3. Unduh dan Install Aplikasi Cisco Webex
  4. Tampilan Icon Aplikasi Cisco Webex 
  5. Buka aplikasi webex (pilih join meeting dan masukkan number meeting dan password yang diberikan oleh admin), aktifkan kamera dan aktifkan micophone


Tidak ada komentar:

Posting Komentar