Kamis, 14 Mei 2020

“Menulis Di Media Cetak”


Belajar menulis online tidak terasa sudah memasuki hari ke-13, bertemu dengan guru-guru hebat dan nara sumber yang berpengalaman yang mampu memotivasi kita untuk menjadi yang lebih baik, dari kurang terbiasa membaca jadi mulai rajin membaca, yang sebelumnya kurang suka menulis kini perlahan berani untuk coba menulis.
Rabu, 13 Mei 2020 kita mendapat ilmu dari Ibu Dra. Rahmi Wiliandari, M.Pd yang sudah berpengalaman dalam tulis menulis, baik PTK. artikel, jurnal, dan best praktis. Beliau menyampaikan pengalaman menulisnya. “Awalnya saya tertarik untuk menulis segala kejadian sehari-hari yang saya alami.  Misalnya pada saat berangkat kerja ada kejadian menarik, setiba di sekolah langsung buka laptop dan menulis garis besar kejadian-kejadian yang saya lihat.  Setelah sampai dirumah saya buka lagi laptop untuk melanjutkan cerita yg tertunda  siang hari”.
Saya juga tidak pandai merangkai kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat dan menjadi sebuah paragraf yang enak untuk dibaca. Untuk  menulis itu ada macam-macam penulis. Ada Penulis Cerpen,  ada penulis Novel,  ada penulis cerita bersambung ( Cerbung), ada juga penulis Ilmiah, Penulis Fiksi dan non Fiksi. Penulis artikelpun  ada macamnya : penulis umum ada Penulis buku teks. Janganlah enggan utk memulai menulis, jika saya ada waktu luang selalu saya habiskan utk membaca di perpustakaan.  Selain perpustakaannya adem,  tenang utk membaca dan bisa menginspirasi untuk menulis.
Penulisan KTI atau artikel dibutuhkan wawasan untuk rajin membaca baik buku cetakan atau e-book. Untuk Penelitian ada penelitian deskriptif, penelitian eksperimen ( penelitian murni)  dan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Bagi guru PTK adalah harus bisa melaksanakan dan  sangat mudah karena dari kejadian sehari saat mengajar.
Format laporan PTK adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Masalah dan latar belakang masalah
Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti
1.2  Rumusan masalah
Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
1.3  Tujuan penelitian
Uraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
1.4  Ruang Lingkup Penelitian
Sebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
1.5  Manfaat penelitian
Uraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum,  kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)    
BAB II PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
2.1  PEMBAHASAN
uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
2.2     KERANGKA BERPIKIR
adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
2.3     HIPOTESIS
berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A.    Setting Penelitian
Sebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal:   Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B.     Prosedur Penelitian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan
C.    Rincian Prosedur Penelitian
1.      Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat  berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
2.      Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
3.      Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
4.      Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB V SIMPULAN DAN SARAN  
A.    Simpulan
Simpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti
B.     Saran- saran
Ajukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Silabus
2. Materi Ajar
        3. RPP
        4. Media Pembelajaran
        5. Nilai dan daftar hadir siklus 1-3
        6. Lembar  Pengamatan Aktivitas Guru
        7. Lembar  Pengamatan Aktivitas Siswa
        8. Foto kegiatan Penelitian
9. Lampiran lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian , Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah)

Kemudian untuk penulisan artikel, syaratnya adalah sebagai berikut:
-          Paragraf  1  ( berisi Pengantar  dan Permasalahan  )
-          Paragraf  2-10  ( Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
-          Paragraf ke 11 ( Kesimpulan )
-          Kertas ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi 1,5
-          Jika untuk Lomba tergantung permintaan panitia
Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sudah bisa menjadi artikel Ilmiah  ( Jawa Pos )

“Pengalaman Awal Ibu Rahmi Mengikuti Lomba”
Dan pertama kali saya ikut lomba KTI ( PTK)  tahun 2013,  Saat penelitian saya  tidak punya target untuk menang.  Yah...  hitung-hitung cari pengalaman, Terkadang kita lagi mood menulis,  jika penyakit malas kambuh enggan lagi menulis. Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah kalau sudah terbiasa akan enak,  dan kecanduan untuk selalu menulis dan menulis. Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat serta kerja keras. Sering-seringlah membaca PTK orang, dan mulai belajar menulis, jika sudah selesai menulis baca ulang dan kalau sudah bagus, minta tolonglah kepada teman guru Bahasa Indonesia untuk dikoreksi kekurangannya dimana, sampai bisa jadi paragraf yang enak dibaca.
Jika kita menulis artikel, itu bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yang ada disekitar kita sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 terhadap ekonomi masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yang dihadapi orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata,  ada masalah,  ada bahasan,  ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dapat honor,  POINT dapat nilai 2 untuk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional / provinsi nilai 1, 5.  Semakin sering menulis artikel,  dan semakin sering pula dimuat di Surat kabar Regional atau Nasional,  maka semakin banyak tabungan Publikasi Ilmiah. Semakin cepat naik pangkat,  dengan jujur dan bermartabat. Dan bukan sebagai guru Plagiat

Kesimpulan
§  Marilah kita membiasakan menulis setiap  hari sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit
§  Untuk merangkai kata-kata dalam menulis perlu banyak membaca dan latihan
§  Menulislah sebuah artikel setiap kali melihat kejadian yang ada di lingkungan kita, kemudian muatlah di media cetak sehingga kita akan mendapat koin dan poin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar