Rabu, 20 Mei 2020

Mendokumentasikan Semua Kegiatan di Blog


Belajar Menulis Gelombang 10

Pertemuan 18  : Rabu, 20 Mei  2020
Waktu              : Pukul 13.00 – 15.00
Pemateri          : Bapak Dedi Dwitagama
Topic                :  “Mendokumentasikan Semua Kegiatan di Blog”
Peresume         : Ida Ayu Kade Sastrika, M.Pd
                           (sastrikadayu@gmail.com)

Tidak pernah saya berpikir ternyata banyak orang sukses bisa keliling Indonesia bahkan keliling dunia hanya karena berawal dari blog. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan yang diposting dapat  diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sangat bersyukur saya bisa mengikuti kegiatan belajar menulis online, disinilah saya mengenal lebih dalam tentang blog. Dari cara membuat blog, kemudian memposting tulisan. Setiap habis kegiatan, peserta diminta untuk membuat resume kemudian diposting diblog masing-masing. Setelah membuka blog orang-orang dan membaca tulisannya, saya sudah mulai terinspirasi. Sudah mulai keluar ide-ide atau gagasan yang ingin dituliskan, namun jujur keahlian menulis belum sepenuhnya saya kuasai, harus sering membaca tulisan-tulisan orang. Di kegiatan yang saya ikuti inipun menyarankan menulislah setiap hari apa saja dan jangan takut salah, kemudian posting diblog masing-masing, lama kelamaan jika itu terus dilakukan maka kegiatan menulis akan sangat menyenangkan.

Hari ini kegiatan belajar menulis online tidak terasa sudah masuk hari ke-18, sudah banyak bertemu dengan nara sumber yang memberikan inspirasi untuk menulis. Mereka semua adalah penulis-penulis yang hebat, prestasinya segudang, jam terbangnya sudah tinggi keliling Indonesia bahkan Dunia. Hanya dengan menulis kemudian memposting tulisannya di blog menjadikannya terkenal dipelosok Indonesia dan Dunia.

Kali ini nara sumber yang bernama Bapak Dedi Dwitagama memberikan pengalamannya. Bapak Dedi Dwitagama selain sebagai seorang pendidik, beliau juga sebagai Trainer  dan Motivator Bidang Pendidikan, Remaja, Parenting, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum Teknologi Informasi, Menulis kreatif, Komunikasi/TIK.

Pertama kali beliau menyapa peserta dengan mempersilahkan  mampir ke beberapa link untuk mengetahui lebih jauh tentang Bapak Dedi Dwitagama.

Teman" yang gemar menyimak yutub silahkan ke http://youtube.com/dwitagama. Wooo keren lengkap sekali. anda yang suka podcast silahkan ke https://anchor.fm/dedi-dwitagama/episodes/ep-edvtf6.

Saya akan mulai sharing tentang blog, jika teman-teman ada pertanyaan boleh langsung bertanya, atau jika merasa perlu ada penajaman dari sharing saya silahkan digali, supaya lebih interaktif.

    Apa itu Blog? Secara sederhana blog seperti diary atau catatan harian yang diunggah ke internet dan bisa dinikmati oleh orang sedunia --- Saya mulai ngeblog tahun 2005 di http://dwitagama.blogspot.com. Waktu itu saya dokumentasikan semua kegiatan; di kelas, di sekolah, di luar sekolah dan hobby saya fotografi, rasanya seperti nano-nano, yang membuat saya memutuskan untuk hijrah ke wordpress

Mulai tahun 2007 saya mendokumentasikan ide-ide pendidikan dan kegiatan sekolah di http://dedidwitagama.wordpress.com. Kerja sampingan saya yang sangat luar biasa menghasilkan saya titip di http://trainerkita.wordpress.com. Hasil karya hunting foto saya didokumentasikan di http://fotodedi.wordpress.com. Semua blog itu masih aktif hingga kini, https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/13/podcast-pak-dedi/ adalah posting terakhir saya.

Sejak 2008 saya ikut posting artikel di blog keroyokkan kompasiana.com, http://kompasiana.com/dwitagama. Dokumentasi saya di https://trainerkita.wordpress.com, membuat saya sering ditemukan oleh Even Organizer yang sedang mencari pembicara dan mendatangkan rejeki keliling Indonesia. November 2019, saya mendapatkan kehormatan sharing pemanfaatan teknologi digital di hadapan guru" SMA se Indonesia yang sedang berkumpul di IPB University Bogor, see https://trainerkita.wordpress.com/2019/11/07/pesta-sains-nasional-ipb-university-guru-kreatif-inovatif-di-era-digital/. Kemana saja perjalanan saya sebagai pendidik bisa disimak di https://trainerkita.wordpress.com/about/.

    Disela sela beliau menceritakan tentang pengalamnnya beliau memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya.
“Apa yang menjadi tip dan trik  pak Dedi dalam merawat blog”
Saya hanya memanfaatkan nikmat Allah, punya notebook, punya HP dan akses internet, saat ini saya banyak menulis blog dengan aplikasi androin di HP. Merawat blog: persis seperti merawat cinta kasih, merawat tanaman, hewan, dan sebagainya. Harus sering dikunjungi, disiram dengan artikel, dijawab balik komentar pembaca, kalau sedang kering ide, lihat" blog orang lain, biasanya muncul ide, ... tulis deh. Jika sedang banyak ide, saya tulis sekaligus beberapa artikel, setiap artikelnya tak perlu terlalu banyak, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali ... andai saya punya 8 artikel, artinya dua bulan ke depan saya tak perlu posting lagi ... dan artikel kita akan muncul sendiri ... jika ada ide lagi ... jadwalkan biar dua bulan berikutnya, happy deh.

“Bagaimana cara membuat artikel menarik seperti Pak Dedi?”
Bapak ibu guru hebat Indonesia mari eratkan silaturahmi lewat blog. Artikel menarik itu adalah penilaian pembaca blog kita ... saya tak berpikir apakah posting yg saya tulis bakal jadi menarik banyak yang baca atau tidak, saya tulis aja apa yang ingin saya tulis, selanjutnya biarkan pembaca sendiri yang menemukan tulisan kita.

            Pak Dedi juga membagikan pengalamannya tentang bagaimana beliau menulis seperti kutipan berikut: tuliskan apa saja yang ada di tempat kerja atau di tempat anda kunjungi, artikelnya tentang apa saja yang terlinta dipikiran saat itu, dua atau tiga alinea disertakan foto atau video, lalu upload.
Saat Pakde Didi Kempot berpulang ... saya sedih dan menuliskannya di https://www.kompasiana.com/dwitagama/5eb96eb6097f3606194ee824/antara-didi-kempot-dan-bob-marley.
Interaksi dengan murid saat home learning saya dokumentasikan di https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/04/home-learning-challenge-berhadiah-thr/.

Dokumentasikan semua kegiatan yang anda lakukan, buat dalam dua atau tiga alinea kemudian posting di blog. Anda akan dikenal dari tulisan dan dapat membrikan inspirasi bagi pembacanya.  


3 komentar: