Selasa, 12 Mei 2020

Inspirasi Malam

Kita tidak tahu rencana Tuhan dalam perjalanan hidup seseorang, senyum, tangis, bahagia, marah, bisa saja dialami di luar dugaan.
Ini adalah hari ke-13 saya di Rumah Sakit menemani bibi yang sedang di rawat. Tidak bisa sudah mengungkapkan apa yang dialami di rumah sakit. Tuhan sudah mengatur semuanya.
Dalam keseharian saya lakukan kewajiban sebagai seorang ASN, tetap bekerja dari rumah, sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia. Tapi saat ini saya bekerja di rumah sakit karena harus menunggu bibi yang sedang dirawat di rumah sakit. Saya mengirim tugas secara daring untuk anak didik, apakah itu berupa bahan ajar, kemudian lembar kerja siswa, meminta anak didik untuk menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan Covid-19. Di tengah-tengah kesibukan menunggu pasien, saya mengikuti belajar menulis online yang diselenggarakan oleh PGRI, ini adalah organisasi guru Indonesia yang dipandu oleh Om Jay.
Kegiatan ini dimulai pukul 13.00-15.00, saya ikuti dengan seksama, ternyata kegiatan ini tidak main-main, kita dituntut untuk membuat resume setiap kali pertemuan. Ada 20 kali pertemuan, saya berpikir bisakah saya mengikutinya?
Hari kedua kegiatan saya baru mulai mengikuti kegiatan belajar menulis online karena adminnya Om Jay baru mengundang untuk bergabung. Resume harus dikirim di blog masing-masing peserta, saya berpikir untuk mundur dan tidak jadi ikut kegiatan ini karena tidak mempunyai blog.
Kenapa saya tidak belajar aja buat blog, saya browsing di google cara buat blog, saya ikuti tutorialnya tapi tidak punya keyakinan bisa. Cari gampangnya biar tidak salah minta bantuan teman yang ahli IT, beres, blog sudah jadi tinggal diisi aja, terima kasih teman yang sudah meluangkan waktunya untuk buatin saya blog, semoga keiklasan membantu saya dapat balasan yang setimpal. "Kebaikan pasti akan berbuah manis itu adalah hukum alam yang sudah tertanam dan mendarah daging di dalam diri saya".
Resume hari pertama sudah selesai tinggal kirim ke email Om Jay dan ke blog, masalah lagi,,,kalau kirim lewat email sudah biasa dilakukan, nah kirim lewat blog??????? Saya buka google, jari tangan menuliskan " "cara kirim tulisan di blog". Saya baca dengan seksama dan saya lakukan sesuai petunjuk, ternyata bisa. Saya kembali minta bantuan sama temana yang buatin blog untuk mengecek resume belajar menulis online sudah masuk apa belum di blog, teman bilang sudah masuk dan langsung dikomen resumenya.
Sekarang tidak terasa sudah hari ke-12 mengikuti belajar menulis online, rasa tidak nyaman nunggu pasien di rumah sakit tidak terasa, setiap malam sulit tidur akhinya jalan satu-satunya adalah baca wa grup belajar menulis online dan buat resume lalu kirim, beres.
Sangat bersyukur saya mengikuti kegiatan belajar online, banyak pengetahuan yang saya dapat dari teman-teman peserta yang merupakan guru-guru hebat, apalagi ada Om Jay yang memandu selalu memberikan motivasi kepada peserta untuk menulis apa saja, dan jangan takut salah serta selalu mengirimkan tulisan-tulisannya lewat wa grup yang begitu menginspirasi.
Dalam hati selalu bertanya-tanya bisakah saya menulis???
Ternyata untuk bisa menulis kita harus membaca, dengan membaca pengetahuan kita bertambah, kosa kata kita juga bertambah, ini terbukti setiap kali buat resume harus baca-baca dulu tulisan orang agar dapat inspirasi. Demikian seterusnya saya jalani dan sekarang sudah masuk hari ke 12, resumenya sudah selesai dan sudah dikirim ke email Om Jay dan tentunya juga di blog. Malam ini sangat sulit untuk tidur, apalagi mendengar keluh kesah pasien yang menahan rasa sakit, menambah sulitnya untuk memejamkan mata dan lelap dalam mimpi, akhirnya bepikir lagi untuk baca wa grup. Ada kiriman dari Om Jay, saya baca sampai habis. Saya dapat inspirasi, akhirnya jari tanganku menyentuh satu demi satu huruf di hp dan menuangkan semuanya yang ada di pikiran. Tidak terasa jadilah tulisan ini, Terima kasih Om Jay inspirasinya. "Menulislah jika ingin dicatat dalam sejarah"

2 komentar:

  1. Alhamdulillah tylisannya bagus sekali dan sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  2. Mantapp.... selalu berbagi ilmu itu bagian dari tujuan kita hidup. Selalu welcome jika teman sdg dalam masalh. Semoga semua bs berjalan dg lancar

    BalasHapus