Kamis, 25 Juni 2020

“Menulis dan Menerbitkan Buku Bersama Agus Suparno”

Kuliah Online Bersama PGRI, dan Om Jay

Waktu             : Senin, 22 Juni 2020, pukul 19.00 – 21.00

Nara Sumber   : Agus Sampurno

Materi              : Tekhnik Membuat Judul Tulisan Untuk Menarik Pembaca



Kegiatan malam ini Senin, 22 Juni 2020, dipandu oleh Mr Bams, dan sebagai narasumbernya adalah bapak Agus Sampurno. Materi kali ini seputaran bagaimana kita meberikan judul pada tulisan agar menarik minat pembaca. Namun sebelum penyampaian materi Pak Agus memberikan game melalui aplikasi https://quizz.com/join . Peserta diwajibkan untuk membuka link yang diberikan, namun pada kesempatan ini saya tidak melakukan apa yang diperintahkan di dalam aplikasi itu, karena pada saat hampir bersamaan tiba-tiba ada instruksi dari Mr. Bams  untuk membuat tulisan kemudian diposting di blog dengan jumlah karakter 150-300 dengan memberikan pilihan judul sebagai berikut:

  1. Tiga  hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
  2. Tiga  cara guru tetap optimis di masa new normal
  3. Tiga  Salah paham guru mengenai kegiatan penelitian.
  4. Tiga  cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
  5. Tiga  hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
  6. Tiga  cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
  7. Tiga  resep sukses guru yang pendiam dalam mengelola kelas

Dan kita juga diminta agar bisa membuat judul sendiri dari tulisan yang dibuat dengan menggunakan kata (pilih salah satu):

  1. Resep sukses
  2. Cara mudah
  3. Tips
  4. Manfaat

Saya pun dengan segera menulis dan memilih judul “Tiga  Hal Manfaat Dari Kegiatan Di Grup Belajar Menulis”. Setelah selesai lalu diposting di blog dan share alamat blognya ke Mr. Bams. Tulisannya adalas sebagai berikut:

Manfaat Dari Kegiatan Di Grup Belajar Menulis

Awal mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay ada keraguan tidak yakin bisa menulis karena menyadari diri sangat sulit untuk merangakai kata-kata untuk membuat sebuah kalimat walaupun sudah ada ide atau gagasan, namun setelah mengikuti kegiatan ini beberapa kali pertemuan, tangan ini sudah percaya diri untuk mengklik huruf-huruf di keyboard dan merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat. Hal ini disebabkan karena setiap kali habis mengikuti materi belajar menulis harus membuat resume. Awal membuat resume sangatlah bingung dan akhirnya tanpa keraguan bertanya dengan Om Jay bagaimana model resume yang harus dibuat. Om jay mengirimkan contoh resume dari salah satu peserta kegiatan belajar menulis gelombang sebelumnya.

Dengan senang hati saya membaca dan mulai belajar untuk menulis sebuah resume dan sekalian juga belajar membuat blog dan mulai memposting tulisan di blog. Dari kegiatan ini ada beberapa manfaat yang saya rasakan, sebagai berikut:

1.      Membangkitkan motivasi untuk menulis dan merasakan otak lebih aktif dan kreatif, sehingga setiap melihat sesuatu dan mengalami sesuatu tergerak untuk menuliskannya dan sudah saya buktikan dengan beberapa tulisan yang sudah diposting diblog selain resume hasil kegiatan belajar menulis

2.      Menambah wawasan pengetahuan karena untuk bisa menulis harus banyak-banyak membaca. Jadi lebih rajin membaca

3.      Kegiatan ini sangat menginspirasi, sehingga bisa menularkan kegiatan menulis kepada peserta didik, saya menyuruh peserta didik untuk menulis dan memposting di blog. Dan kini sudah ada beberapa peserta didik yang menulis di blog dan mereka juga merasa sangat senang dan menikmatinya

Dan alamatnya https://dayusastrika-gurukimia.blogspot.com/2020/06/manfaat-dari-kegiatan-di-grup-belajar.html

            Kegiatan malam ini memberikan tantangan luar biasa bagi peserta, otak kita diajak untuk kreatif apalagi disuruh segera dan langsung memberikan judul pada tulisan yang kita buat. Dan akhirnya Pak Agus  Sampurno menyimpulkan kegiatan belajar menulis hari ini,

1.      Dalam menulis aspek judul mesti diutamakan, judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran, judul juga bisa membuat anda punya personal branding.

2.      Hal yang penting, an anda mesti ngotot belajar hal yg anda suka

3.      Anda tidak perlu ahli

4.      Personal branding adalah aspek dimana anda dikenal karena hal yang menjadi fokus anda

5.      Bagilah hasil belajar anda dengan pembaca lewat tulisan anda di blog

Ingatlah !

Mengapa saya menggunakan kata-kata tersebut, karena secara manusiawi anda akan tertarik dengan kata Resep, Manfaat, Baru. Dengan demikian tulisan kita nyata manfaatnya walaupun singkat

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar