Kamis, 30 April 2020

Belajar, belajar dan belajar menulis


Menulis adalah menuangkan buah pikiran ke dalam bentuk tulisan atau menceritakan sesuatu kepada orang lain melalui tulisan. Menulis juga dapat diartikan sebagai ungkapan atau ekspresi perasaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain menulis adalah sebuah komunikasi secara tidak langsung. Menulis tidaklah gampang memerlukan suatu keterampilan dan kemampuan tersendiri yang jika dilakukan latihan secara terus menerus, belajar dan melakukan evaluasi dari kelemahan-kelmahan yang ada maka kemampuan menulis akan semakin baik. Untuk dapat menulis dengan baik yang harus dilakukan adalah sebgai berikut:
  1. Kita harus mengalahkan diri kita sendiri, dalam artian mengalahkan kemalasan-kemalasan yang ada pada diri sendiri.
  2. Mengatasi ketidakpercayaan diri atau merasa tulisan kita tidak bagus/tidak berbobot/tulisan kita tidak memiliki makna.
  3. Kita harus menyiapkan waktu untuk menulis
  4. Kita juga harus memanfaatkan  ide yang ada  yang kadang munculnya tidak menentu baik tempat maupun waktunya. Jika ada ide untuk menulis kita harus cepat menangkap ide tersebut, kita bisa menulis dalam draf, di dalam hp, kertas pointer-pointer utama yang penting bagi sebuah tulisan yang tentunya akan kita kembangkan pada saat kita menulis.
            Menulis itu dimulai dari sebuah ide, tanpa ada ide utama yang akan kita tulis, maka tulisan itu tidak memiliki konten yang jelas atau tidak memiliki tujuan yang jelas. Ide atau gagasan utama atau pikiran-pikiran yang akan dituangkan menjadi pokok dari mengapa kita menulis dan mengapa kita berani menulis. Memulai itu adalah sesuatu yang terbaik, jangan menunggu sempurna. Karena Tulisan yg baik adalah tulisan yang sudah selesai. Menurut Bapak Uswadin karya terbaik adalah karya yang selesai artinya sudah ditulis dengan baik. Jangan takut atau ragu untuk menulis.
            Jika saat menulis nge blank, maka tanda kita perlu istirahat, otak dan kemampuan kita juga punya keterbatasan jadi perlu rest atau rileks dulu. Kalau sudah fres tinggal lanjut. Jangan memaksakan kalau lagi nge blank nulis, bisa stress sendiri. Jadikan menulis sebagai hiburan, sering baca tulisan orang-orang bagus sehingga terpengaruh dan terbawa bagus, berlatih, berlatih dan berlatih serta minta saran dari orang lain.

Kesimpulan
Menulis adalah sebuah pembiasaan untuk menuangkan ide atau gagasan yang bisa mengasah dan mempertajam kemampuan diri sendiri dalam berbahasa tulis dan juga bisa memberikan inspirasi kepada orang lain. Oleh karena itu kegiatan menulis hendaknya dibiasakan sejak dini, sehingga kelak menjadi membudaya pada diri kita.

6 komentar: