Jumat, 22 Mei 2020

Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi HP


Dunia pendidikan tak pernah menyerah dengan tantangan apapun, di tengah mewabahnya virus corona yang memakan korban ratusan jiwa bahkan ribuan jiwa tidak menyurutkan inovasi di kalangan pendidik. Tokoh-tokoh pendidik , seperti dosen, guru terus berinovasi membuat terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi untuk membuat aplikasi sebagai media komunikasi untuk berinteraksi jarak jauh.
Kali ini Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan televisi berbasis digital, TVUPI. Meskipun TVUPI dikelola oleh Universitas tidak menutup kemungkinan masyarakat luas bisa memanfaatkannya/berpartisifasi dalam memberikan tayangan yang bertemakan pendidikan.
Siang ini di kegiatan belajar menulis online hari ke-20 kita akan mendapatkan materi baru tentang membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi di HP. Materi ini akan disampaikan oleh Prof Deni Darmawan. Beliau Kepala Humas Universita Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat akan mengupas habis tentang bagaimana cara memanfaatkan TVUPI.




Berikut materi yang disampaikan oleh Bapak Deni Darmawan:
Pengembangan sebuah siaran program televisi tentang pendidkan secara mobile dan personal yang memanfaatkan produk-produk teknologi digital televisi yang bisa diunduh dan di download dari HP yang kita miliki. TVUPI yang berbasis digital bisa diakses di humas.upi.edu., dibawahnya disediakan aplikasi untuk diinstal ke HP sebagai fungsi dari kamera jurnalis. Kamera jurnalis untuk memproduksi siaran live atau recording live di manapun kita berada dengan menggunakan HP melalui aplikasi Wowza Gocorder. Wowza Gocorder merupakan aplikasi kamera yang bisa kita pakai ketika akan meliput aktivitas di manapun kita berada. Wowza Gocorder ini bisa diinstal/dipakai melalui kamera depan/kamera belakang.
Program siaran TV yang selama ini kita tonton sebenarnya bisa diproduksi melalui kamera yang sudah kita setup/instal melalui HP. Dengan demikian ketika Wowza Gocorder sudah ada di HP maka tinggal melakukan request ke pihak TVUPI. Sebenarnya ada tiga langkah untuk membuat program siaran TV melalui aplikasi Wowza Gocorder, sebagai berikut:
1.      Download aplikasi di http://humas.upi.edu/upi-tv/
2.      Instal aplikasi di HP
3.      Siap untuk digunakan

Untuk langkah-langkah setup encorder aplikasi LCJ-TVUPI bisa mengikuti tutorial yang terdapat dalam PPT yang dibagikan oleh Bapak Deni Darmawan.

Sebagai pendidik jangan pernah berhenti untuk belajar, belajar dan terus belajar terutama belajar menggunakan aplikasi-aplikasi yang disuguhkan oleh kecanggihan teknologi. Mari berbuat yang terbaik untuk putra putri penerus bangsa dengan terus berinovasi melalui media yang telah disediakan. Apalagi kini ada TVUPI yang bisa dimanfaatkan untuk membuat siaran secara langsung kegiatan atau aktivitas yang terkait dengan pendidikan, yang kiranya nanti akan memberikan inspirasi bagi banyak orang. 

1 komentar: