Siapa
sih yang tidak tergiur dengan penghasilan dolar dengan berdiam diri di rumah??
Pasti semua orang pingin seperti itu. Penghasilan (Rejeki) tidak datang begitu
saja, pasti itu adalah sebuah pengorbanan dan perjuangan., perlu kerja keras
dan komitmen, dan juga pastinya butuh waktu dan kesabaran. Kunci utmanya adalah
kreatif. Apa sih itu kreatif?????
Kreatif menurut inginhilangingatan, 2009. Adalah suatu kemampuan
berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan
sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box),
tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat.
Percaya
tidak menjadi youtuber bisa mendapatkan pengahasilan dolar secara otomatis??
Mari kita simak pemateri hari ke-19 kegiatan belajar menulis online dari Bapak
Agus Nggermanto. Beliau adalah seorang guru mengajar matematika yang sangat
kreatif. Siapa sih yang tidak mengetahui kalau pelajaran matematika itu sulit,
banyak siswa yang takut sama pelajaran matematika. Nah bersama Bapak Agus Nggermanto
yang dikenal dengan sebutan Paman Apiq belajar matematika menjadi hal yang
sangat menyenangkan.
Beliau
membuat trik-trik yang menyenangkan untuk mempelajari matematika, dengan
berbekal ilmu teknologi beliau menkreasikan matematika dengan teknologi. Ide
kreatifnya ini memberikan manfaat bagi banyak orang, dan puncaknya adalah
penghasilan yang luar biasa. Marilah kita mengenal Paman Apiq lebih jauh
melalui link-link yang dishare beliau saat kegiatan belajar menulis online.
- https://www.youtube.com/user/PamanAPIQ/featured
ini adalah karya paman apiq tentang Rahasia Jurus 7 Detik Matematika Cepat
Paman Apiq
- https://youtu.be/fSHiXOjJFfI
(karya inovatif Paman Apiq Cara Menghitung Matematika Cepat)
- Paman
Apiq memulai jadi blogger dengan wordpress gratisan sejak 2008 dengan
alamat APIQQUANTUM.COM.
- Lalu
2012 makin aktif sebagi youtuber dengan beberapa canel:
1.
youtube.com/pamanapiq
2.
youtube.com/edujiwa
3.
apiQQuantum.com
Semua membahas tentang pendidikan
dan khususnya matematika kreatif dengan metode
APIQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Memang jadi youtuber lebih menggoda
karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening. Taksiran penghasilan 1 canel
saya di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan. Berbagi ilmu matematika
sambil dapat bonus dolar
Tips jadi blogger dan youtuber dari
Paman Apiq
- Gunakan
program gratis. Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
- Kembangkan
konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis
matematika.
- Pelajari
statistik u improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik
yang berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir
Berikut
ini adalah informasi dari profil Bapak Agus Nggermanto
Di
balik sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki
kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika
bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal
Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube
Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika
yang mudah dan menyenangkan.
Agus
Nggermanto, kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar
matematika dengan metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa
itu memanggilnya dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus,
Pak Angger, Mas Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama
dengan hadirnya 3 karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti.
Masing-masing karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar,
Geometri, dan Aritmetika.
Istilah
APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak
tahun 1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di
ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah
masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep
matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal
sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang
belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun
di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang
APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu
pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus
sudah menjadi guru sejak sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok
belajar siswa SMA yang merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB,
Agus juga sambil mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP,
dan SD, serta menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia
mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang
sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep
matematika bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun
terus berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih
memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang
maju.
Setelah
menemukan metode APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal
sendiri dan bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari
kota Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia.
Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan
cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi
senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai
matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke
pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di
APiQ Agus juga mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika
yang dimainkan oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika.
Game orisinal ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan
memainkan game orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika.
Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik
Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit
kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa.
Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus
mengaku, sejak kecil ia sudah menyukai matematika. Tetapi matematika sering
menjadi korban fitnah, dianggap sebagai mata pelajaran paling sulit dan
menakutkan. Dan menurut Agus, kesan menakutkan pada matematika itu bisa hilang
bila siswa atau orangtua dapat langsung mengalami asyiknya belajar matematika
seperti di APiQ. Bahkan kini, banyak orang dewasa yang mengatakan, mengapa
mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus, kita tidak bisa
menghapus firnah matematika menakutkan hanya dengan kata-kata manis saja. Tapi
perlu memberikan bukti pengalaman nyata. Dan itulah yang ia kerjakan di APiQ.
Kini,
banyak anak-anak dan orang dewasa yang sudah mencicipi asyiknya matematika yang
akhirnya membuat mereka ketagihan. Di APiQ, rumus-rumus tidak harus dihafalkan
dengan sulit. Siswa di APiQ justru sering dengan gembira berhasil menemukan
rumus sendiri yang bagi mereka lebih mudah menghafalnya. Tetapi yang lebih
penting adalah siswa-siswa itu bisa mengikuti proses belajar matematika dengan
pemahaman penuh gairah di APiQ.
Menurut
Agus, memang banyak yang salah dengan pengajaran matematika saat ini, sehingga
menempel fitnah matematika itu menakutkan. Tetapi kita tidak cukup menyalahkan
pihak lain. Namun perlu berpartisipasi dari titik berangkat masing-masing.
Misalnya dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan
mengenalkan cara belajar matematika yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD,
SMP, SMA, dan pra sekolah. Paman APiQ juga menyelanggarakan pelatihan seminar
matematika kreatif untuk para guru dan orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa
Agus, juga perlu menyempurnakan kurikulum yang lebih tepat untuk generasi
Indonesia. Para pelaku pendidikan juga perlu terus berkreasi untuk memperbaiki
pendidikan matematika di Indonesia. Dan Agus mengatakan, APiQ siap
berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan Indonesia.
Kini
Agus memilih media Youtube untuk memberikan edukasi, karena ia menganggap media
Youtube merupakan media belajar matematika yang efektif dan efisien. Siswa
menjadi mudah memahami konsep matematika kreatif APiQ melalui video multimedia
Paman APiQ atau www.youtube.com/agusyes. Hal ini karena video multimedia
dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa juga
dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama Agus
unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang sudah
ramai. Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja. Mungkin,
menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum mudah. Tetapi
sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus. Trik khususnya
adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat dengan
tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling banyak
ditonton adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian cepat,
dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus
pun senang dengan tanggapan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa internet dapat
dimanfaatkan untuk kepentingan positif semisal belajar matematika bersama Paman
APiQ. Masyarakat juga bisa langsung berkonsultasi melalui media Youtube Paman
APiQ dengan menuliskan komentar di bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam
konsultasi dapat bebergabung dengan komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan
melalui media sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp,
dan lain-lain.
Paman
APiQ pun sudah berhasil meraih beberapa prestasi. Antara lain mendapat
kehormatan dengan diundang oleh Youtube Indonesia (Google Indonesia) untuk
menjadi narasumber di seminar pendidikan nasional melalui Youtube. Paman APiQ
sendiri dinilai oleh Youtube Indonesia sebagai saluran pendidikan Indonesia
yang prospektif. Demikian juga wordpress.com memberikan beberapa penghargaan
kepada APiQ. Sementara secara bisnis, franchise APiQ memenangkan seleksi
wirausaha franchise untuk masuk kategori waralaba nasional. Sedangka siswa APiQ
sendiri banyak yang berprestasi di sekolah sampai tingkat Kecamatan,
Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan bahkan internasional dalam ajang
kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai
saat ini, Agus masih fokus pada usaha kursus matematika kreatif APiQ yang ia
dukung dengan inovasi pada teknologi multimedia. APiQ telah mengembangkan
sistem belajar matematika online melalui www.APiQQuantum.com. APiQ juga
menawarkan beragam aplikasi di Android baik berupa game matematika atau
buku-buku matematika dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan sekarang
APiQ juga mengembangkan sistem franchise atau waralaba, yang merupakan sistem
usaha paling efektif saat ini. Adapun, kendala yang masih Agus hadapi adalah
karena usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya memerlukan disiplin dan
konsistensi tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat diatasi dengan memperkuat
konsistensi tim dan berpartisipasi aktif dengan pelatihan-pelatihan yang
disediakan oleh APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada APiQ, Agus juga memiliki
kesibukan tambahan sebagai narasumber di berbagai seminar serta menulis. Agus
juga memiliki hobi bulutangkis dan renang, dan ia selalu berusaha menyediakan
waktu khusus untuk hobi olahraga tersebut rutin setiap pekannya.
Agus
berpendapat, kita memang perlu konsisten untuk membangun negeri tercinta ini
sesuai kapasitas masing-masing. Dan barangkali, ia memang sengaja memilih jalur
pendidikan matematika untuk berkontribusi memajukan negeri. Memang berat
rasanya, tapi sepanjang proses itu disyukuri, maka rasa berat itu menjadi lebih
ringan. Dan Agus beruntung memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk
berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga
masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya,
meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan
berbeda nilainya. Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di
Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu
Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di
perusahaan besar nasional atau internasional. Tetapi ia lebih memilih mengabdi
melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan
keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias
berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya untuk hidup sederhana,
lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang penuh makna. Dan Agus juga
sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
Berikut
adalah sesi tanya jawab antara peserta dengan Bapak Agus:
“Dari materi bpk..waww amazing..
Mmperoleh pnghasilan yg bgitu besar.. . Yang saya tanyakan bagaimana membuat
chanel youtube..maaf karena saya baru pemula..baru buka blog juga setelah ikut
group menulis ini pak..apalagi membuat chanel youtube..saya belum pernah, mohon
pnjelasannya!”
Misal
ini saya eksperimen ngajar matematika tanpa kata sama sekali. Mudah untuk saat
ini.
Buka
pake youtube.
1.
Klik kanan atas gambar kamera
2.
Coba upload 1 video
3.
Ikuti petunjuknya,
Maka
sudah jadi canelnya
“Dalam vidio 7 detik perkalian
cepat, ada perkalian yang langsung dimulai dari ratusan, sedangkan penanaman
konsep selama ini mulai dari satuan, bagaimana untuk di kelas rendah, apa bisa
kita jelaskan yang seperti itu, mohon pencerahannya”
Sebagai
youtuber maka kita bisa membuat semua konten tersebur hanya pakai hp saja. Ada
yg langsung perkalian ratusan, Ada pula mulai dari konsep paling dasar. Saat
ini saya punya sekita 7000 judul video di youtube.
Beberapa
contoh sbb:
- https://www.youtube.com/playlist?list=PLcz6MrU25lf3Ct4wU1U4pgnC_tJrzc-ta
- https://youtu.be/9HsmB3A2xNo
“Saya sependapat menjawab fitnah dengan
langkah nyata. Ini luar biasa. Perlu waktu berapa lama riset atau apalah yang bisa
menjawab fitnah matematika? Apakah kendala utama?”
Jaman
dulu perlu riset panjang, tapi sekarang lebih mudah. Riset bisa pakai goole dan
youtube sendiri, lalu konten kita improve lagi sambil jalan. Yang penting
sekarang praktek dulu lalu perbaiki. Lama-lama akan makin sempurna.
Trik
terakhir:
- konsisten
improvement kita bahas di bagian tulisan ini.
- Temukan
cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
- Temukan
cara meningkatkan kualitas konten video.
- Temukan
cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
- Temukan
irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
- Gali
lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel
lain.
- Buat
video lagi sesuai analytic.
- Fokuskan
ke dampak positif kepada masyarakat luas.
- Agar
banyak nonton maka riset kata kunci di youtube juga bisa, Misal ketik
"matematika" maka yang muncul konten apa aja. Kita buat konten yang
sesuai.. https://youtu.be/V88BS4UN8qg
(superjarimatika perkalian cepat). Misal ini, karena banyak yg cari kata
kunci jarimatika maka saya buatkan video jarimatika. Ditonton sebanyak 1,9
jt kali.
- Triknya
bikin konten yang menarik yang sedang dicari banyak orang. Misal sekarang
orang pingin tahu kapan tanggal idul fitri? Hisab hitungannya gmn? Maka saya
buatkan video hitungan idul fitri ini. Dalam 1 hari ditonton 19 000 kali.
“Apakah setiap tampilan di canel
YouTube Selalu mendapatkan uang?
Bagaimana caranya ada batasan atau syarat untuk sampai dapat penghasilan dari
YouTube bgt?”
Harus
memenuhi syarat untuk jadi youtube partner
1.
Subs minimal 1000
2.
Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir
Maka
bisa monet dan dapat uang
“Saya cari monetise gambar dolar
kok ga ketemu, bagaimana memunculkannya”
Akan
muncul jika sudah memenuhi syarat di atas
“Bagaimana cara membuat konten
kreatif di youtube sehigga ribuan orang bisa like video kita”
- Bikin
isj konten apa aja
- Perbaiki
dengan konten lebih baru
- Pelajari
statistik analytic yang disediakan youtube
- Bikin
konten lagi yang lebih baik
- Ulangi
lagi
Pengalaman pribadi Paman Apiq sebagai
youtuber.
Cara
meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula
mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita
hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup
optimal.
Dulu
saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di
hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan
menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka
video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita
dengan mudah bisa editing. Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien
dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video.
Caranya?
- Tingkatkan
kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan
maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload
ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal.
- Lupakan
editing. Matangkan persiapan. Persiapan saya yang paling penting adalah
desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt.
Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!
Meningkatkan
kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan
komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi
yang lebih baik dari itu. Saya mengamati untuk konten matematika para penonton
lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya
buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.
Penonton
ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan
pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing
menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.
Cara
murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan
polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang
berbeda. Maka temukan.
Untuk
memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau
polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga.
Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
Irama
produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah
kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress
karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus
bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.
Irama
produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama
konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap
hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila
sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja
atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya
kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber.
Sukses dan bahagia.
Dalami
analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada
kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon
mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video
Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?
Analytic
memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic
untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.
Video
baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat
video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang
banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa
ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari
analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan
video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view. Penonton
saya berminat dengan tema jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika
yang sudah ditonton 1,7 juta view.
Tahun
2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count.
Maka saya buatkan video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali
hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending youtube.
Akhirnya,
mengapa jadi youtuber? Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting
berdampak positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila
diri kita terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan
bahagia bersama-sama.
“Aplikasi buat coret-coret sambil
rekam screen shootnya pakai apa?. Biar enak pas menjelskan di komputernya, kan
males kalau ngetik”.
Aplikasi
Papan tulis Paman Apiq (1) https://youtu.be/bnt7uUlFshE
Aplikasi
Papan Tulis Paman Apiq (2) https://youtu.be/-EmRrEoG_-c
Aplikasi
Papan Digital Paman Apiq (3) https://youtu.be/ar63LX7YQNM
Untuk
informasi lebih lengkap jadi youtuber bisa merujuk ke blog saya berikut, https://pamanapiq.com/youtuber/
Pengalaman
Paman Apik Menjadi Yuotuber https://wijayalabs.wordpress.com/2020/05/21/pengalaman-paman-apiq-menjadi-youtuber/
Kesimpulan
Mulailah
bangun dari peraduan, belajar untuk menjadi orang yang kreatif, kerja keras, dan
lakukan hal yang positif untuk orang lain, niscaya hal yang positif akan datang
kepada kita. Jangan pernah lelah untuk berkarya, karena karya, kita dikenal
dunia.
Yuk kita jadi youtuber
BalasHapus