Cisco Webex merupakan alat komunikasi Video
Conference berbasis interface web yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan
menggunakan perangkat personal dan mobile seperti Smartphone, PC, Laptop,
Notebook, dan PC tablet selama masih ada jangkauan jaringan internet.
Hari ini Senin, 11 Mei 2020 bertemu lagi di
kegiatan Belajar Menulis Online bersama Om Jay dengan pemateri Bapak Eka
Septian Singgih, moderator Ibu Kartika Paramita. Materi yang dibawakan adalah
pelatihan Cisco Webex. Kegiatan ini langsung menggunakan media Cisco webex, yang
dirasa cukup produktif, efesien dengan mengirimkan undangan melalui email ke
peserta pelatihan untuk bergabung melakukan meeting.
Webex
saat ini menjadi media yang sangat populer dan banyak digunakan orang-orang untuk
melakukan rapat rutin (meeting), seminar, dan pelatihan secara online. Media ini
ramai digunakan saat pendemi Covid-19 mewabah. Hal ini digunakan untuk mencegah
penyebaran covid-19 sesuai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yakni physical
distancing.
Adapun
beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan webex, antara lain:
1. Pastikan peserta sudah memiliki koneksi
internet pada perangkat yang akan digunakan untuk mengakses situs webex
2. Webex dapat diakses melalui perangkat
laptop, PC, maupun smartphone yang mendukung untuk menjalankan browser
3. Pastikan peserta sudah menginstal
browser pada perangkat chrome
“Cara Menggunakan Aplikasi Video Conference Cisco Webex di
Laptop dan PC”
Pada saat melakukan video conference, admin
menggunakan 2 cara untuk mengundang para peserta, cara yang pertama yaitu
dengan memberikan Number Meeting + Password dan cara yang kedua yaitu dengan
cara mengirimkan Link room webex.
- Cara bergabung
menggunakan number meeting
a. Buka Aplikasi Web browser Google Crome
c. Pilih Join
d. Masukan Number Meeting yang diberikan oleh
admin
e. Masuk Area Video Conference
f. Area Video Conference
- Bergabung dengan
menggunakan link room webex
a. Buka Web Browser
b. Copy-Paste link room webex pada web browser
c.
Masukan nama dan email
d. Masuk Area Video Conference
e. Mengaktifkan Audio video conference (Klik Quick Start -->Connect
to Audio)
f. Pengaturan level Speaker dan Microphone
Fungsi Speaker adalah untuk mendengarkan output
suara dari narasumber dan peserta lain. Sedangkan fungsi Microphone adalah
untuk input suara sehingga dapat didengar peserta lain. Apabila menu “Mute”
dicentang [˅] = TIDAK AKTIF, sedangkan menu “Mute” tidak dicentang [ ]= AKTIF
g. Cara Cek Fungsi Speaker dan Microphone (Klik Audio ==> Computer Audio Setting)
Cara cek speaker berfungsi atau tidaknya yaitu dengan cara
klik “Test” apakah suara keluar atau tidak. Sedangkan cara cek Microphone
berfungsi atau tidaknya yaitu dengan cara kita inputkan suara sehingga ada
indikator lampu yang menyala pada tampilan Microphone.
h.
Cara
Aktifkan Kamera (Klik ikon kamera)
i.
Cara aktifkan Microphone untuk input suara saat video conference
(Klik ikon microphone untuk mengaktifkan microphone). Apabila indikator microphone (merah) maka
microphone dalam kondisi tidak aktif atau sedang “Mute”, untuk mengaktifkannya
klik ikon microphone tersebut. Ketika video conference berlangsung, dan
Pemateri atau Host mengintruksikan untuk Silent/Mute Microphone maka klik ikon
microphone tersebut hingga indikator merah (tidak aktif), dan untuk bertanya
maka harus diaktifkan kembali microphone tersebut hingga indikator tidak merah
(aktif).
j.
Cara
Chatting dengan Host atau peserta lain (Klik chat untuk memanfaatkan
fitur Chatting → ketik pesan
→ send)
k.
Melihat participant/Peserta yang bergabung Video Conference (Klik
participant untuk melihat peserta yang bergabung)
l.
Share
tampilan aplikasi atau tampilan halaman di laptop sendiri. (Klik ‘More”
share application → Pilih tampilan aplikasi yang akan bagikan untuk dilihat ke
peserta video conference)
m.
Share tampilan aplikasi atau tampilan halaman di laptop sendiri
(Klik Share ==> Application==>Pilih aplikasi yang akan di
tampilkan).
Fungsi
Share application adalah untuk membagikan tampilan halaman aplikasi yang ada
dilaptop/PC kepada peserta yang bergabung saat video conference. Untuk
mengakhiri share application klik tombol Stop Sharring
“Cara Menggunakan Aplikasi
Penggunaan Video Conference menggunakan HP Android”
- Pastikan HP
terkoneksi dengan Internet
- Buka Aplikasi Play
Store di HP
- Unduh dan Install
Aplikasi Cisco Webex
- Tampilan Icon Aplikasi Cisco Webex
- Buka aplikasi webex (pilih join meeting dan masukkan number meeting dan password yang diberikan oleh admin), aktifkan kamera dan aktifkan micophone
Tidak ada komentar:
Posting Komentar