Belajar
menulis online tidak terasa sudah memasuki hari ke-13, bertemu dengan guru-guru
hebat dan nara sumber yang berpengalaman yang mampu memotivasi kita untuk
menjadi yang lebih baik, dari kurang terbiasa membaca jadi mulai rajin membaca,
yang sebelumnya kurang suka menulis kini perlahan berani untuk coba menulis.
Rabu,
13 Mei 2020 kita mendapat ilmu dari Ibu Dra. Rahmi Wiliandari, M.Pd yang sudah
berpengalaman dalam tulis menulis, baik PTK. artikel, jurnal, dan best praktis.
Beliau menyampaikan pengalaman menulisnya. “Awalnya saya tertarik untuk menulis
segala kejadian sehari-hari yang saya alami.
Misalnya pada saat berangkat kerja ada kejadian menarik, setiba di
sekolah langsung buka laptop dan menulis garis besar kejadian-kejadian yang
saya lihat. Setelah sampai dirumah saya
buka lagi laptop untuk melanjutkan cerita yg tertunda siang hari”.
Saya
juga tidak pandai merangkai kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat dan menjadi
sebuah paragraf yang enak untuk dibaca. Untuk
menulis itu ada macam-macam penulis. Ada Penulis Cerpen, ada penulis Novel, ada penulis cerita bersambung ( Cerbung), ada
juga penulis Ilmiah, Penulis Fiksi dan non Fiksi. Penulis artikelpun ada macamnya : penulis umum ada Penulis buku
teks. Janganlah enggan utk memulai menulis, jika saya ada waktu luang selalu
saya habiskan utk membaca di perpustakaan. Selain perpustakaannya adem, tenang utk membaca dan bisa menginspirasi untuk
menulis.
Penulisan
KTI atau artikel dibutuhkan wawasan untuk rajin membaca baik buku cetakan atau
e-book. Untuk Penelitian ada penelitian deskriptif, penelitian eksperimen (
penelitian murni) dan Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK). Bagi guru PTK adalah harus bisa melaksanakan dan sangat mudah karena dari kejadian sehari saat
mengajar.
Format laporan PTK
adalah sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Masalah dan latar belakang masalah
Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi,
penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin
ditanggulangi oleh peneliti
1.2 Rumusan masalah
Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil
(misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi
teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan
sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
1.3 Tujuan penelitian
Uraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated
results) dari penelitian ini.
1.4 Ruang Lingkup Penelitian
Sebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan
diambil peneliti.
1.5 Manfaat penelitian
Uraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi
sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa,
dsb.)
BAB
II PEMBAHASAN,
KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
2.1 PEMBAHASAN
uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian
anda (Uraikan variabel X dan Y)
2.2 KERANGKA BERPIKIR
adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian
yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
2.3 HIPOTESIS
berisi
dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya
ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB
III PROSEDUR PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
A. Setting Penelitian
Sebutkan lokasi
penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan
karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk
aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian
Uraikan gambaran
umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian
yang dilakukan
C. Rincian
Prosedur Penelitian
1. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
2. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
3. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
4. Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan
dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah
dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil
PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan
maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu
atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan
Simpulkan
hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang
diteliti
B.
Saran-
saran
Ajukan
saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih
lanjut dimasa mendatang
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Silabus
2. Materi Ajar
3. RPP
4. Media
Pembelajaran
5. Nilai
dan daftar hadir siklus 1-3
6. Lembar
Pengamatan Aktivitas Guru
7.
Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
8. Foto
kegiatan Penelitian
9. Lampiran lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia
Seminar, Notulen Seminar, Surat Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat
Keterangan Waktu Penelitian , Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah)
Kemudian untuk
penulisan artikel, syaratnya adalah sebagai berikut:
-
Paragraf 1 (
berisi Pengantar dan Permasalahan )
-
Paragraf 2-10 (
Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
-
Paragraf
ke 11 ( Kesimpulan )
-
Kertas
ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi 1,5
-
Jika
untuk Lomba tergantung permintaan panitia
Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sudah bisa menjadi artikel Ilmiah ( Jawa
Pos )
“Pengalaman Awal Ibu Rahmi
Mengikuti Lomba”
Dan
pertama kali saya ikut lomba KTI ( PTK)
tahun 2013, Saat penelitian saya tidak punya target untuk menang. Yah... hitung-hitung cari pengalaman, Terkadang kita
lagi mood menulis, jika penyakit malas
kambuh enggan lagi menulis. Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari.
Insya'allah kalau sudah terbiasa akan enak,
dan kecanduan untuk selalu menulis dan menulis. Sebuah keberhasilan
harus disertai usaha, semangat serta kerja keras. Sering-seringlah membaca PTK
orang, dan mulai belajar menulis, jika sudah selesai menulis baca ulang dan kalau
sudah bagus, minta tolonglah kepada teman guru Bahasa Indonesia untuk dikoreksi
kekurangannya dimana, sampai bisa jadi paragraf yang enak dibaca.
Jika
kita menulis artikel, itu bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yang ada
disekitar kita sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 terhadap ekonomi
masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yang dihadapi
orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata, ada masalah,
ada bahasan, ada solusi kirim ke
redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dapat honor, POINT dapat nilai 2 untuk kenaikan pangkat
jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional /
provinsi nilai 1, 5. Semakin sering
menulis artikel, dan semakin sering pula
dimuat di Surat kabar Regional atau Nasional,
maka semakin banyak tabungan Publikasi Ilmiah. Semakin cepat naik
pangkat, dengan jujur dan bermartabat.
Dan bukan sebagai guru Plagiat
Kesimpulan
§ Marilah
kita membiasakan menulis setiap hari
sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit
§ Untuk
merangkai kata-kata dalam menulis perlu banyak membaca dan latihan
§ Menulislah
sebuah artikel setiap kali melihat kejadian yang ada di lingkungan kita,
kemudian muatlah di media cetak sehingga kita akan mendapat koin dan poin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar